Radio Komunitas Pendidikan Aktif pada pukul 18.00- 24.00 WIB

Kamis, 25 Agustus 2022



Para siswa Madrasah Aliyah (MA) Riyadlul Jannah, Cikundul, Sukabumi mengikuti Gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai persiapan dan kesiapan madrasah dalam menyukseskan ANBK tahun 2022.

Gladi ANBK diselenggarakan dari hari Senin, 22 Agustus 2022 sampai hari Kamis, 25 Agustus 2022. Mekanisma penyelenggaraan Gladi ini dibagi menjadi dua gelombang dan tiga sesi untuk masing-masing gelombang.

Selain para siswa MA Riyadlul Jannah, pelaksanaan Gladi ANBK 2022 juga diikuti oleh para siswa dari MA Ansor Al-Muslim, Lembursitu.

Melansir situs web resmi https://anbk.kemdikbud.go.id, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.



Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid

Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.



Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.



Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

0 Tanggapan